TIPS MENATA KEUANGAN KELUARGA…

1 11 2010

Sambil membaca dan sambil belajar , semoga berguna bagi diri saya dan orang lain yang membaca. Dalam kehidupan berkeluarga di butuhkan pengetahuan yang memadahi tentang manajemen finansial, agar keuangan keluarga tidak minus namun bisa manabung dan sukur investasi di berbagai usaha kecil. Berikut ini ada 69 tips singkat untuk memanajemen finansial keluarga Anda agar kondisi keuangan keluarga sehat. Di dalam buku ini anda juga akan belajar bagaimana cara merencana keungan, mengelola gaji/pendapatan, menabung, belanja, kartu kredit, membayar iuran bulanan seperti telepon, listrik atau PAM dll. Untuk 69 Tips dapat >>Download Bukunya Disini<<

Berikut ini tips pengelolaan keuangan keluarganya :

1. Bersyukur

Tidak apa penjelasan panjang mengenai ini, Cuma menyarankan bahwa kita sebaiknya senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan kepada kita.

2. Pastikan Anda Memiliki Pendapatan

Mengapa demikian, jawabannya biar ada yang disyukuri dan ada yang di-manage. Hehehe J

3. Identifikasi Pendapatan Kita

Kadang orang menerima saja uang yang mereka hasilkan, tanpa tahu dari mana sumbernya dan seberapa besar. Buatlah pencatatan pendapatan kita, sehingga kita mudah menelusuri pendapatan itu, mengetahui hasil usaha kita, bahkan kita bisa mengukur kinerja kita dari pendapatan tersebut. Ini penting bagi pada sahabat yang menjalankan usaha sendiri, seperti internet marketing J. Hal ini akan membantu kita pula untuk mengalokasikan pengeluaran kita.

4. Identifikasi Pengeluaran Kita

Pengeluaran kita biasanya terbagi dari pengeluaran Rutin dan pengeluaran insidental. Pengeluaran rutin adalah pengeluaran yang tetap tiap bulannya. Contohnya bayaran listrik, telpon, uang kost, asuransi,  dan pastinya di bulan ini adalah THR. Sedangkan pengeluaran insidental adalah pengeluaran tiba-tiba dan tidak rutin, contohnya biaya berobat, menjenguk orang sakit, beli buku. Manfaat mengetahui jumlah pengeluaran kita adalah kita akan mudah mengatur pengeluaran itu sendiri dan bisa mengukur tingkat konsumsi kita.

5. Buatlah Pembukuan Pengeluaran dan Pendapatan Kita

Membuat pembukuan keuangan sederhana akan membantu kita menata keuangan keluarga kita. Silahkan buat list di buku, atau komputer anda. Masukkan item-item pendapatan anda, dan juga item-item pengeluaran anda, kemudian selisihkan keduanya. Sisi kiri adalah pendapatan anda, sedangkan sisi kanan adalah pengeluaran anda. Jika saldonya positif, itu bagus untuk anda. Nah, contoh penbukuan sederhana bisa anda download disini. Silahkan kreasikan sesuai kebutuhan sahabat sekalian.

6. Sisihkan 30% Pendapatan untuk Saving

Dengan menyisihkan sebagian pendapatan anda, berarti sahabat sekalian sedang mengamankan masa depan anda. Saving akan sangat bermanfaat jika ada pengeluaran tiba-tiba, dan terlebih lagi untuk hari tua. Kata pakar keuangan, saat anda bekerja, kita harus memiliki tabungan setara 3 bulan gaji kita sehingga pada saat terkena PHK, kita masih bisa hidup 3 bulan kedepannya, sambil mencari kerja tentunya.

7. Maximum 65% untuk Konsumsi

Kurang dari 70% itu lebih baik. Konsumsi disini sudah termasuk belanja bulanan, asuransi, biaya sekolah anak, biaya rutin lainnya dan yang pasti juga UTANG. Saran saya, utang kita yang harus dibayar tiap bulan tidak lebih dari 30% penghasilan bulanan kita.

8. Sisihkan untuk Rekreasi

Terkadang kita terlalu pelit pada diri sendiri, sehingga kadang enggan untuk mengeluarkan uang untuk rekreasi. Padahal ini penting sebagai penyegaran untuk kita dan keluarga kita. Nah, 5 dari sisa pendapatan kita disisihkan saja tiap bulannya untuk kebutuhan rekreasi. Gimana ?

9. Zakat

Zakat ini sudah termasuk dalam item pengeluaran kita. Cuma untuk menegaskan saja, jangan sampai kita lupa untuk mengeluarkan hak orang lain pendapatan kita. Besarnya 2,5% dari gaji pokok kita (gross atau net).

Demikian tadi ulasan yang saya baca- baca, dan semoga membantu bagi anda semua yang membaca….

“bila anda mencari uang, maka anda akan dipaksa mengupayakan pelayanan terbaik. Tetapi jika anda menyupayakan pelayanan terbaik, maka andalah yang akan dicari yang”  by Mario Teguh

About these ads

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: