TIPS BIJAK SEBELUM MEMILIH PERUMAHAN KPR

4 11 2010
Anda belum mempunyai uang yang cukup untuk membeli rumah secara Cash? KPR atau kredit Perumahan Murah rakyat solusinya.
Sebelum anda memilih perumahan murah atau rumah KPR, ada baiknya anda persiapkan hitung hitungan sebagai berikut. Contoh kasus memilih rumah idaman secara KPR: misal anda adalah pasangan suami istri muda, dengan penggabungan penghasilan sejumlah = Rp 6 juta, kerja permanent dan anda menginginkan rumah kecil dan sehat di pemukiman yang layak. Anda perlu mengetahui bagaimana cara bank mengalisa kemampuan mencicil atau membeli.
* Mengetahui kemampuan mencicil. Bank biasanya hanya mengijinkan atau menyetujui cicilan bila tidak lebih dari satu per tiga (1/3) gaji perbulannya. Misal gaji gabungan suami istri adalah Rp 6jt maka cicilan akan disetujui oleh bank bila tidak lebih dari Rp 2jt perbulan.
* Mengetahui kemampuan membeli perumahan murah. Bank biasanya hanya mendanai sekitar 80% dari nilai rumah. Misal bilamana anda akan membeli rumah seharga Rp 100jt, maka bank kebanyakan hanya mau mendanai sebesar Rp 80jt. Sehingga anda perlu menyiapkan dana sisanya yakni sekitar 20% atau Rp 20jt, disamping itu anda juga perlu menyiapkan 10% untuk biaya administrasi dan pajak perumahan murah. Jadi total dana awal yang perlu anda siapkan sebelum KPR untuk rumah seharga Rp 100jt adalah = Rp 20jt + 10jt = Rp 30jt
Setelah anda ketahui kisaran harga perumahan murah yang bakal disetujui oleh bank, maka barulah anda mencari rumah yang anda idamkan sesuai dengan kemampuan. Anda bisa memilih perumahan murah yang baru dikembangkan oleh developer maupun rumah second.
Kelebihan kekurangan rumah baru dan bekas adalah sebagai berikut:
* Rumah baru dari developer. Hitungan angka angka sangat mudah dan jelas dan biasanya developer juga menggandeng bank bank tertentu sehingga anda tidak perlu repot repot untuk mencari bank pemberi KPR. Kekurangannya: tenggang waktu biasanya agak lama, belum tentu kita akan mempunyai tetangga dalam waktu cepat.
* Rumah second. Bila anda jeli, perumahan murah second adalah pilihan yang cukup menarik. Mengapa? Karena kita bisa mengetahui bagaimana lingkungan sekitar rumah, dan bisa ditempati dengan segera. Untuk melakukan KPR anda perlu menghubungi bank yang anda inginkan, mengisi formulir beserta kelengkapannya, dan kemudian bank akan melakukan appraisal atau penilaian.

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: