Bandara Internasional Juanda…Terbersih se-Indonesia..

6 11 2010

Saya baru saja melakukan pelatihan prabayar di Citraland Ciputra Surabaya, yang sering di sebut “The Singapore of Indonesia“,..secara global seh memang di desain seperti Tata kota Negara Singapura. Sepulang dari sana, perjalanan ke Bandara Internasional Juanda. Dari Ciputra ke Bandara Internasional Juanda sekitar 30- 40 menit (keadaan tidak macet yang jelas). Keluar Ciputra masuk Tol Satelit, lempeng terus langsung keluar bandara Juanda. Ongkos taksi Blue bird untuk dari Ciputra ke Bandara sekitar Rp 75.000 atau Rp 80.000,- .Yah karena merupakan bandara dengan kerjasama dengan Koperasi TNI AL Juanda, otomatis segala sesuatunya pasti mahal. Saran saya untuk yang may “Ngirit” mendingan beli makanan dari Luar Bandara dulu, toh di makan di situ juga bisa dan tempatnya nyaman. Sekedar  informasi saja, untuk makan seperti makanan nasi campur, nasi rames dan sejajarnya sekita Rp. 25.000,- sampai dengan Rp 30.000,-. Yang jelas saya bawa makanan dari luar, karena sebelumnya saya sudah coba makan disini.

Kebetulan saya naik pesawat Garusa Indonesia, melalui terminal keberangkatan domestik. Setelah melakukan pemeriksaan tahap pertama, saya langsung melakukan check In. Waktu itu sekitar pukul 11.05 WIB, dan pesawat saya berangkat jam 14.00 WIB. Yang jelas saya harus nunggu sekitar 1 jam untuk memasukkan bagasi . Minimal bagasi dapat masuk 2 jam sebelum keberangkatan. Tapi jangan sampai anda ketinggalan pesawat , atau telat check in, karena di Juanda tidak ada toleransi pada saat check ini di tutup. Minimal sampai di bandara 1 jam sebelum keberangkatan, untuk amannya. Boarding pas saat check ini ini Rp 30.000,-. Siapkan Kartu Identitas KTP/Kartu Penerbangan/SIM untuk melakukan check in. Harga ini sama untuk setiap penerbangan di Juanda. Nah, di situlah saya tahu bahwa Juanda merupakan Bandara terbersih se Indonesia. Katrok banget..harusnya sih itu dah lama…hehehe….

Kalo di lihat memang seperti slogannya, karena tidak ada satupun ada sampah yang berserakan. Toilet, ruang tunggu, mushola semuanya bersih. Para pekerja juga tiap waktu keliling untuk memperhatikan keadaan sekitar untuk menjaga kebersihannya.

Setelah dari check in counter saya  pergi ke lantai 2, dan ke mushola untuk sholat dhuhur. Selesai sholat, saya pergi ke Ruang Tunggu , dan sebelum ke ruang tunggu akan ada pemeriksaan boarding pas dan barang bawaan. Usahakan tidak membawa barang barang tajam, gunting, bahan peledak, pisau cukur, dan barang berbahaya lain karena pasti akan di buang atau disita petugas saat pemerikasaan. Masuk ke Ruang Tunggu , anda bisa menikmati pemandangan ke arah area lepas landas pesawat. Karena di Ruang tunggu itu dinding yang mengarah ke landasan terbuat dari kaca. Di situ anda bisa menikmati pesawat yang landing atau take off.

Kebutuhan taksi, untuk para pemegang voucher blue bird, di sini tidak tersedia counter untuk blue bird , yang ada adalah prima taksi milik koperasi TNI AL Juanda. JIka membutuhkan bluebird, anda bisa jalan ke arah masjid di area juanda, keluar dari pintu kedatangan , menyeberang jalan dan ke kanan. Biasanya di masjid ada beberapa taksi Pusaka (Blue Bird Group ). Atau anda naik Bus Damri jurusan Bungurasih, dengan ongkos Rp 15.000,-. Anda bisa turun di pangkalan blue bird di Ruko Pasar Mas (Biasanya Bis Damri berhenti sebentar untuk menghitung penumpang) atau bisa turun di Terminal Bungurasih.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: