Keluhan Khas Ibu Hamil….:D

8 11 2010

Bagi ibu yang sedang hamil, baik baru hamil atau yang akan melahirkan, pasti pernah merasakan keluhan-keluhan selama hamil, seperti mual,muntah, ngidam sampai sakit punggung.Keluhan umum pada awal kehamilan seperti mual dan muntah atau disebut juga morning sickness. Pada kesempatan ini akan dibahas 5 Keluhan Khas Ibu Hamil yang mungkin sekarang sedang dialami ibu-ibu, terutama pada kehamilan lanjut.

5 Keluhan Khas Ibu Hamil:

  1. Sakit Punggung

Sakit punggung banyak dialami pada kehamilan trimester ketiga, karena berat rahim bertambah dan dapat merubah keseimbangan, dimana ibu hamil harus berdiri dengan pundak agak tertarik kebelakang. Sulit tidur bisa dialami karena punggung yang sakit. Cara mudah agar punggung tidak terasa nyeri adalah dengan memperbaiki postur tubuh, sewaktu berdiri dan berjalan, coba untu tidak membungkuk ke depan atau ke belakang. Gunakan juga sepatu berhak rendah dan datar. Jangan pula mengangkat barang dengan posisi membungkuk sambil berdiri.

2. Susah Buang Air Besar (Sembelit)

Susah BAB (Buang Air Besar) juga sering dialami oleh ibu hamil pada kehamilan lanjut, karena tekanan otot berkurang selama hamil yang disebabkan rahim yang bertambah besar. Usahakan untuk cukup minum air putih selama hamil dan perbanyak konsumsi serat dan buah-buahan. Jika masih sembelit, informasikan ke Dokter SpOG ibu agar bisa diberikan obat pencahar yang aman.

3.  Sering Berkeringat

Semakin bertambah besarnya kehamilan, ibu hamil akan lebih mudah berkeringat apalagi saat cuaca panas. Ibu hamil juga bisa mengalami biang keringat dipunggung karena kepanasan.Penyebab keringat pada ibu hamil adalah adanya saluran darah yang tersumbat dikulit. Ibu hamil dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang menyerap keringat (bahan katun) dan sering mandi, juga banyak minum air untuk mencegah dehidrasi karena keluar keringat yang berlebih.

4. Infeksi Saluran Kencing

Memang tidak semua ibu hamil mengalami infeksi saluran kencing. Gejalanya adalah  sakit saat buang air seni. Efek progesteron bisa membuat otot mengendur, sehingga ginjal dan saluran penghubung ginjal dengan kandung kencing menjadi lebih besar.  Adanya bacteriuria pada pengidap infeksi saluran kencing bisa diketahui dengan pemeriksaan urin. Segera beritahu Dokter agar bisa diberikan pengobatan.

5. Keputihan

Rasa gatal pada vagina diikuti dengan keluarnya lendir berwarna abu-abu bisa dialami oleh ibu hamil. Salah satu penyebab keputihan adalah jamur atau candida albican. Sebenarnya keputihan pada ibu hamil masih normal, karena pada saat hamil , kelenjar leher rahim meningkat jumlahnya. Selama keputihan tidak menimbulkan keluhan seperti gatal-gatal, memerah pada vagina dan lendir berubah warna menjadi hijau, abu-abu hingga kecoklatan, tidak perlu dikhawatirkan. Apabila ibu hamil mengalami keputihan karena infeksi, lebih baik segera diobati, karena bisa mengakibatkan kontraksi dan melahirkan prematur.

Semoga informasi ini dapat membantu ibu-ibu dan menambah pengetahuan, sehingga tidak terlalu khawatir saat mengalaminya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: