Makanan yang harus dikonsumsi oleh Ibu Hamil

8 11 2010

Bagi ibu yang sedang mengandung, sangat perlu memperhatikan makanan yang akan
dikonsumsinya. Ingatlah bahwa ada kehidupan lain didalam tubuh anda yang sangat
membutuhkan perhatian dari anda.Janin kecil yang sedang tumbuh, dengan izin
Allah Ta’ala didalam rahim ukhti akan berkembang sedikit demi sedikit membesar
kemudian bertambah besar.Nah, bila anda sangat menginginkan janin anda sehat dan
kuat nantinya tentu perlu dilakukan usaha (ikhtiar) kesana dengan mengkonsumsi
makanan yang sehat.Tentunya tak lepas dari do’a kepada Allah azza wajalla agar
di karuniakan janin yang sehat maka beberapa pengetahuan disini tentang apa saja
yang harus ukhti makan sangat perlu untuk diketahui, semoga bermanfaat, insya
Allah.

 

Makanan yang ukhti makan sedapat mungkin (diusahakan) harus mengandung
kalsium, protein, vitaminC, serat, karbohidrat, vitamin A, asam folik, dan zat
besi. Sebaiknya makanlah beberapa makanan ini setiap hari.

 

Sumber makanan yang kaya akan kalsium seperti:

 

Susu rendah lemak (skim milk) usahakan meminum susu rendah lemak ini
selain kadar kasliumnya yang agak tinggi, insya Allah tidak akan membuat ukhti
gemuk karena kadar lemaknya yang rendah dibandingkan dengan susu biasa.

 

Ikan sardin dan keju baik keju tua maupun muda

 

sumber makanan diatas akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin ukhti,
dan ukhti akan membutuhkan kalsium dua kali lipat dari biasanya. Bila ukhti
kekurangan kalsium maka sang bayi akan mengambil persediaan kalsium yang ada
dalam tubuh ukhti, bila hal ini tidak ukhti perhatikan maka akan menyebabkan
osteoroposis atau keropos tulang diusia muda, dan hal ini banyak diderita oleh
para wanita yang pada waktu hamil mengabaikan konsumsi kalsium.

 

Sumber makanan yang kaya akan protein:

 

keju, susu, yogurt, daging berwarna merah (yang tidak berlemak),dan
ikan.

 

Sumber makanan yang kaya akan vitamin C:

 

Cabai merah besar (paprika), strawbery dan jeruk. Sumber makanan ini
akan membantu pertumbuhan plasenta dan mencegah terjadinya infeksi.

 

Serat dan karbohidrat:

 

sayuran kaya akan serat, begitu pula biji-bijian selain kaya akan
karbohidrat juga kaya akan serat seperti gandum, beras merah, kedelai, kacang
merah, kacang panjang , lentil dan kacang polong.
Makanan berserat ini akan
mencegah munculnya sembelit (susah buang air besar) keluhan umum yang diderita
ibu selama kehamilan.Karena itu untuk mencegah terjadinya sembelit banyaklah
mengkonsumsi makanan berserat.

 

Vitamin A:

 

sayuran berwarna hijau dan merah atau kuning seperti brokoli dan tomat
atau paprika berwarna kuning
. Makanan yang mengandung vitamin A ini insya
Allah akan membantu perkembangan saraf pusat pada janin ukhti.

 

Asam folik

 

-terdapat pada brokoli dan bayam

 

Zat besi:

 

-terdapat pada ikan tuna dan bayam.

 

semoga setelah mengetahui informasi diatas ukhti semua dapat mengkombinasikan
makanan apa saja yang harus ukhti makan setiap harinya. hindari banyak mengemil
makanan yang tidak sehat (junk food) karena akan membuat berat badan ukhti
selama kehamilan bertambah banyak sehingga akan sulit menurunkannya setelah
melahirkan.Mulailah anda mengkonsumsi makanan sehat dari sekarang selain
bermanfaat bagi diri ukhti juga sangat membantu pertumbuhan janin anda, wallahu
‘alam bisshowwab.

 

sumber:

 

– 101 tips terpenting melahirkan, Dian Rakyat,Jakarta, 1999.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: