Tips Makan Sehat Ibu Hamil

8 11 2010

Agar ibu dan janin tetap mendapat asupan gizi, berikut beberapa saran yang bisa dilakukan:

* Jangan biarkan perut kosong. Usahakan makan dalam porsi kecil tapi sering.

* Pilih makanan yang hangat-hangat karena bisa membuat lambung yang terasa perih seperti terelaksasi.

* Bila ibu sering merasa kembung, hindari makanan yang dapat memicu kembung antara lain kacang tanah yang biasa terdapat di bumbu ketoprak, gado-gado, sate, siomay dan sejenisnya.

* Batasi masakan bersantan, ketan, nangka, sayur nangka, sayur asem, buah-buahan yang asam atau yang dapat mengiritasi lambung.

* Penting untuk menghindari rokok, cuka, kopi karena akan membaha-yakan ibu maupun janin.

* Umumnya ibu hamil butuh darah lebih banyak, untuk itu makanlah makanan yang mengandung zat besi, seperti sayuran hijau tua, tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah, telur, ikan, dan daging. Jangan lupa minum obat penambah darah sesuai anjuran dokter.

* Penting pula bagi ibu hamil untuk makan buah-buahan segar, seperti jeruk, apel, pepaya, dan mangga. Buah-buahan bagus untuk menyuplai vitamin.

Sumber  : nikita blog


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: