5 Pertimbangan Membuat Website Bisnis

8 02 2011

Kesalahan terbesar dari pemilik website yang mengkhususkan penggunaan website tersebut sebagai sarana bisnis internet adalah kurangnya perencanaan. Ratusan atau bahkan ribuan website akhirnya terabaikan begitu saja akibat kesalahan ini. Pembuatan website bisnis juga harus mempertimbangkan faktor-faktor tertentu untuk menjamin kesuksesan dari website yang akan dibuat yang notabene akan berpengaruh pada bisnis yang dijalankan. Berikut adalah lima hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuat/membangun website bisnis Anda.

 

1. Target Bisnis

Target yang ada umumnya seragam yaitu “making money online”. Masalahya, seberapa besar Anda ingin menghasilkan uang atau seberapa lama Anda akan mulai menuai hasil? Ini adalah hal paling mendasar dan satu hal yang paling pokok untuk ditentukan di awal, setidaknya menjadi motivasi dan benchmark untuk ukuran kesuksesan website Anda.

2. Fungsi Website Anda

Ini adalah pertanyaan terbesar bagi pengunjung website Anda. Halaman depan website Anda harus menjelaskan dengan singkat dan tepat fungsi dari website Anda sehingga tidak membingungkan pengunjung, apalagi pengunjung baru.

3. Produk Yang Anda Jual

Website Anda harus dengan jelas menawarkan produk Anda dan tentunya produk yang ditawarkan juga jelas bagi pengunjung. Anda juga harus melakukan riset sejauh mana faktor persaingan yang ada untuk produk Anda di Internet sehingga Anda kemudian dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk website dan produk Anda. Anda juga harus mempertimbangkan kenyamanan pembeli produk Anda dalam pembayaran dan detil-detil lainnya.

4. Web Design/Development dan Hosting

Tentukan desain yang tepat dan representatif bagi produk yang Anda tawarkan. Apabila perlu, Anda perlu menyewa seorang web designer/developer untuk membantu Anda mengembangkan website sesuai kebutuhan. Tentukan juga hosting yang sesuai dengan kebutuhan, dan pastikan juga Anda memiliki fleksibilitas untuk menambah kapasitas hosting/bandwith apabila diperlukan.

5. Marketing

Anda juga harus merencanakan pemasaran dan promosi untuk website Anda. Termasuk diantaranya adalah melakukan Search Engine Optimization untuk website Anda, kampanye dan promosi melalui iklan, dan lain-lain. Strategi pemasaran untuk website harus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan agar efektif.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: