Merancang Website untuk Marketing…

8 02 2011

Internet telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam hubungannya dengan bisnis. Dalam kurung waktu sepuluh tahun terakhir, promosi dilakukan dengan cara Outbound Marketing, yaitu cara promosi yang dilakukan dengan penyampaian pesan secara langsung melalui media tertentu dengan harapan akan mendapatkan resepon yang meluas melalui individu-individu yang menerima pesan tersebut. Contoh Outbound Marketing ini adalah cara-cara seperti pemasangan iklan televisi, pengadaan pameran dan sebagainya. Pada akhirnya, penggunaan Outbound Marketing seperti ini dirasakan tidak lagi efektif karena orang mulai menolak untuk menerima pesan langsung seperti halnya orang cenderung untuk tidak menyaksikan televisi pada saat iklan komersial ditayangkan.

 

Di sisi lain, keberadaan internet menawarkan cara cepat dan mudah bagi masyarakat untuk belajar atau bahkan berbelanja. Ketimbang harus mencari informasi melalui perpustakaan atau bepergian untuk mencari informasi mengenai suatu produk, orang lebih memilih untuk meng-akses internet dan mencari informasi menggunakannya. Saat ini, konsumen mulai memilih untuk meng-akses internet dengan tujuan membeli suatu produk secara online. Agar tetap kompetitif, pelaku bisnis harus mulai memikirkan promosi melalui website mereka dengan maksud agar lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen yang mencari produk dan atau jasa melalui Internet. Di sinilah Inbound Marketing dilakukan, yaitu optimisasi website dalam kaitannya dengan marketing contohnya melalui cara Search Engine Marketing, Pay-per-click Advertising dan lain-lain.

Re-desain Website Untuk Marketing

Perlu digarisbawahi bahwa website Anda, bagaimanapun bentuknya, adalah sarana yang paling penting dalam hal Inbound Marketing. Dengan demikian, menggunakan desain yang sesuai bagi website Anda dengan tujuan marketing harus menjadi pertimbangan utama. Apabila perlu, maka Anda harus mempertimbangakan untuk mendesain kembali website Anda agar sesuai dengan tujuan marketing tersebut. Anda harus membuat konten yang lebih banyak dan lebih optimal, merancang penawaran yang lebih baik, serta membuat landing page yang lebih maksimal.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain ulang website:

  1. Fokus pada target
    Sudah sewajarnya alasan utama Anda mendesain ulang website Anda adalah untuk meningkatkan performa bisnis Anda, bukan karena Anda bosan dengan tampilan yang ada. Jadi, fokuslah pada target Anda, setiap keputusan berkaitan dengan desain website Anda harus didasarkan pada target Anda, yaitu untuk menarik lebih banyak pengunjung yang membawa pada lebih banyak transaksi serta menghasilkan lebih banyak pelanggan.
  2. Perhatikan aset website Anda
    Aset dalam hal ini adalah hal-hal seperti keyword yang menentukan, konten yang paling banyak dikunjungi, link dan lain-lain. Perhatikan dan jaga aset website Anda sehingga hasil desain ulang tidak justu membuat performa website Anda menurun akibat – contohnya – keywords yang berubah.
  3. Desain yang wajar dan sesuai
    Beberapa orang ingin membuat website dengan desain yang unik, beberapa bahkan cenderung mewah dengan flash. Beberapa orang lainnya memilih untuk memiliki website dengan desain yang simple dan sederhana. Penggabungan faktor penting di antaranya dalam desain website sehingga website Anda menjadi unik dan simple menjadi pertimbangan terbaik. Anda tidak perlu membuat dan menggunakan flash yang mahal serta desain yang mewah. Tentu saja, sebuah desain sudah seharusnya disesuaikan dengan image bisnis Anda agar lebih mudah diingat, namun itu sudah cukup.
  4. Tambahkan blog
    Blog adalah fitur yang populer dan memudahkan Anda untuk menyampaikan informasi terbaru kepada pengunjung/konsumen Anda sehingga terjalin interaksi yang lebih baik antara Anda dengan konsumen.

Actions

Information

2 responses

25 03 2011
anita pandan

software yg mudah buat blog apa ya?tx b4

3 06 2012
rudypurweb

Maksudnya software buat website ya Mbak…bisa desain sendiri atau pake microsoft publisher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: