SSH Tunnel di Windows menggunakan Putty

17 04 2011

Jika sebelumnya kita sudah bisa membuat tunnel menggunakan openssh client di linux, sekarang kita akan melakukan hal yang serupa di Windows. Untuk pembuatan tunnel ssh di Windows kita akan menggunakan aplikasi Putty.

Membuat Sock Proxy

Untuk membuat sock proxy, yang perlu Anda lakukan adalah membuka putty, lalu Anda masuk ke menu disamping: Connection -> SSH -> Tunnels. Lalu konfigurasi seperti tampak pada gambar di bawah ini.

sock_proxy_di_putty

Setelah Anda membuat sesi SSH dan terkoneksi ke remote server, tunnel akan terbuka. Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi aplikasi yang akan menggunakan sock proxy tersebut. Misalnya menggunakan firefox, konfigurasi proxynya adalah seperti di bawah ini:

konfigurasi_proxy_di_firefox

Mengakses Remote Services melalui Tunnel

Misal, Anda menjalankan service squid di remote LAN di komputer dengan IP 192.168.1.1 dan squid dijalankan pada port 3128. Anda ingin membuat tunnel, sehingga Anda bisa mengakses remote squid proxy dari localhost port 3128.

Konfigurasi tunnelnya, bisa Anda dilihat seperti di bawah ini:

local_tunnel_putty

Anda juga bisa berkreasi, dengan mengubah remote IP dan remote port, sehingga Anda bisa mengakses service-service di remote server dari tunnel yang Anda buat.

Opsi Tambahan di Putty

Untuk menghemat penggunaan bandwidth, kita bisa set agar akses ssh di kompresi. Harapannya dengan proses kompresi ini akses menjadi lebih cepat ketika kita mengakses melalui koneksi dengan bandwidth terbatas.

opsi_enable_compression

Biasanya, server ssh akan melakukan proses auto disconnect kepada klien yang tidak melakukan aktifitas (idle) dalam rentang waktu tertentu. Untuk menghindari tunnel Anda terputus karena idle, Anda bisa buat konfigurasi seperti dibawah ini

opsi_to_keep_session_active

Beberapa Tunnel dalam Satu sesi SSH

Untuk satu buah sesi SSH, Anda bisa membuat banyak tunnel sebanyak yang Anda inginkan. Misal Anda buat satu sock proxy di port 8080, akses remote squid proxy di port 3128 dan akses remote terminal server di port 3389.

multi_tunnel

Pada konfigurasi di atas, Anda juga bisa berbagi/share tunnel dengan komputer lain dalam network Anda.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: